cover
Contact Name
Amelia
Contact Email
melameliaaa99@gmail.com
Phone
+6281224442977
Journal Mail Official
jurnaledunity@gmail.com
Editorial Address
Jl. Desa Susukan Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Edunity: Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan
ISSN : 29633648     EISSN : 29648653     DOI : https://doi.org/10.57096/edunity
Edunity: Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan is a double-blind, open-access peer-reviewed academic journal in social and educational fields. This journal is published monthly by PT. Publikasiku Academic Solution. Edunity: Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan provide a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the journal that can be checked empirically. This journal publishes research articles that cover all aspects of social science, from management, economics, culture, education, law, social health and religion which are included in the social context. Published articles are articles that result from critical and comprehensive research, studies or scientific studies on important and current issues, or reviews of scientific books.
Articles 349 Documents
Implementasi Kegiatan Pramuka Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Anggota Gerakan Pramuka MAN 3 Kabupaten Cirebon Buntet Pesantren Saona Saona
Edunity Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 01 (2022): Edunity : Social and Educational Studies
Publisher : Publikasiku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.874 KB) | DOI: 10.57096/edunity.v1i01.1

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan kegiatan pramuka dalam membentuk karakter disiplin siswa anggota Gerakan pramuka MAN 3 Cirebon. Yang dilatar belakangi oleh ketidak disiplinan siswa anggota gerakan pramuka pada awal ajaran baru, untuk menanamkan kedisiplinan sepertinya tidak cukup hanya menggunakan proses belajar mengajar di kelas saja, karena hal tersebut harus ada program pendamping untuk pencapaiannya. Oleh karena itu kegiatan ekstrakurikuler pramuka merupakan salah satu hal yang memiliki kriteria hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan kegiatan pramuka di Madrasah Aliyah Negeri 3 Cirebon; (2) Untuk mengetahui kebenaran bahwa kegiatan pramuka dapat membentuk karakter disiplin siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Cirebon; (3) mengetahui kelebihan dan kelemahan dari kegiatan pramuka MAN 3 Cirebon. Untuk mencapai tujuan ini, peneliti menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang di dapat menunjukan bahwa (1) kegiatan pramuka di MAN 3 Cirebon banyak menggunakan metode pendekatan dan pembiasaan dalam pembentukan karakter disiplin siswa. (2) Implementasi kegiatan pramuka dalam pembentukan karakter disiplin di MAN 3 Cirebon sudah berjalan secara semestinya, hal ini dibuktikan dengan adanya pencapaian 3 indikator kedisiplinan. Disiplin waktu, disiplin waktu belajar, dan disiplin terhadap diri sendiri.
Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Film Pendek Berbasis Virtual Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik Hara Permana; Taufiqurrohman Taufiqurrohman; Khaeva Khaerunnisa; Yansen Alberth Reba
Edunity Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 01 (2022): Edunity : Social and Educational Studies
Publisher : Publikasiku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.648 KB) | DOI: 10.57096/edunity.v1i01.2

Abstract

Dalam kehidupan, rasa percaya diri sangat penting dimiliki oleh setiap individu. Karna dengan rasa percaya diri, individu mampu melakukan sesuatu dengan baik, terutama pelajar yang masih dalam masa-masa perkembangan.Namun faktanya, dikelas VIII SMP NEGERI 1 Sumber Kabupaten Cirebon masih banyak peserta didik yang memiliki rasa kepercayaan diri yang rendah. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil wawancara kepada guru BK SMP NEGERI 1 Sumber. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan media film pendek berbasis virtual terhadap kepercayaan diri peserta didik kelas VIII SMP NEGERI 1 Sumber. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain True Eksperimen dan pola desain Pretest-Pottest Control Group Design. Teknik pengumpulan data digunakan adalah angket kepercayaan diri. Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis deksriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian ini didapatkan nilai Sig (92failed) dari uji independent simple t test sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata sikap kepercayaan diri peserta didik antara kelompok eksperimen (117,27) dan kelompok kontrol (90,87). 
Bimbingan Dan Konseling Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sulistianingsih Sulistianingsih
Edunity Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 01 (2022): Edunity : Social and Educational Studies
Publisher : Publikasiku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.904 KB) | DOI: 10.57096/edunity.v1i01.3

Abstract

Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah sebagai referensi dalam mengetahui bimbingan konseling dalam PAUD. Tentu PAUD menjadi fokus konseling yang diberikan oleh guru BK mengingat penting pembahasan mengenai perkembangan anak selanjutnya. Metode yang digunakan penelitian studi literatur, dimana penulis mengumpulkan jurnal maupun buku. hal ini digunakan untuk mencapai pendampingan secara propesional dan berkelanjutan dari guru BK. Dikarenakan anak-anak merupakan penerus pemimpin suatu bangsa, sehingga dengan mendidik anak sejak usia dini, secara langsung membantu menyiapkan generasi yang bermutu. Untuk hal ini diperlukan adanya pengetahuan tentang psikologi dalam PAUD, Konsep layanan bimbingan konseling , dan aplikasi pembelajaran agar guru BK mampu mengimplementasikan pada pendidikan anak usia dini dan mampu mengenali, mempersiapkan dan mencapai tujuan yang dicita-citakan sejak dini.
Pengaruh Agama Terhadap Kesehatan Mental Salman Mubarok; Sulistianingsih Sulistianingsih; Abib Taupik Paizin; Tsamrotul Fitriyah; Yovian Yustiko Prasetya
Edunity Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 01 (2022): Edunity : Social and Educational Studies
Publisher : Publikasiku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.372 KB) | DOI: 10.57096/edunity.v1i01.4

Abstract

Kesehatan mental sangat berhubungan erat dengan agama dimana keduanya sama-sama berkaitan dengan hati dan ketenangan jiwa. Agama yang merupakan pegangan hidup manusia menjadi penenang hati manusia dan menjadi sandaran manusia dalam mengatasi permsalahan hidup.Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan fungsi agama terhadap kesehatan mental (2) pendapat para ahli tentang peran agama bagi kesehatan mental (3) kesehatan mental dalam Al-Qur’an (4) implikasi peran Agama bagi kesehatan mental terhadap pendidikan Agama.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis isi (content analysis)yaitu menganalisis isi buku dan jurnal tentang kesehatan mental dan pengaruh agama terhadap kesehatan mental. Selain itu, keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan peningkatan ketekunan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh agama berpengaruh terhadap kesehatan mental, agama memainkan peran penting sebagai penentu pengaturan diri. Menurut Zakiah Daradjat (1982) dalam (Prof. Dr. Syamsu Yusuf L.N, 2018), salah satu cita rasa agama adalah terapi (penyembuhan) gangguan jiwa.
Pengaruh Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual, Penilaian Kinerja Khusus, Pendidikan Dan Pelatihan, Serta Motivasi Terhadap Kinerja Guru Rizqi Syaroh Amaliyah
Edunity : Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Edunity: Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan
Publisher : Publikasiku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1254.333 KB) | DOI: 10.57096/edunity.v1i01.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggali (1) kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, penilaian kinerja khusus, pendidikan & pelatihan, motivasi, dan kinerja guru guru tetap (2) pengaruh parsial antara kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, penilaian kinerja khusus , pendidikan dan pelatihan , serta motivasi terhadap kinerja guru (3) Pengaruh simultan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, penilaian kinerja khusus, pendidikan dan pelatihan, dan motivasi terhadap kinerja guru dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik analisis regresi linier berganda. Pengolahan data dibantu dengan software SPSS IBM 25. Berdasarkan hasil perhitungan NJI, semua variabel dalam penelitian ini berada pada kategori tinggi, artinya setiap variabel dipersepsikan baik oleh guru tetap yayasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, penilaian kinerja khusus, pendidikan dan pelatihan, motivasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Kemudian secara simultan variabel kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, penilaian kinerja khusus, pendidikan dan pelatihan, motivasi berpengaruh terhadap kinerja.
Manajemen Pembelajaran Pondok Santri Hari Rabu Kamis (Posaharuka) Untuk Meningkatkan Akhlak Mulia Santri Nina Rahmi; Ahmad Sukandar; Mumung Mulyati
Edunity Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 02 (2022): Edunity : Social and Educational Studies
Publisher : Publikasiku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.002 KB) | DOI: 10.57096/edunity.v1i02.6

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya manajemen pembelajaran pondok santri hari rabu kamis (POSAHARUKA) untuk meningkatkan akhlaq santri yakni bagaimana proses belajar mengajar dapat tercapai dengan baik efektif dan efisien diperlukan manajemen yang baik dalam bekerja bersama sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi program peningkatan akhlak, mengevaluasi serta mengetahui dampak mulia melalui kegiatan Posaharuka peserta didik MA Al-Huda Kecamatan Pameungpeuk Bandung,. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan kegiatan Posaharuka dalam pelaksanaannya memiliki tujuan untuk meningkatkan akhlak mulia, menumbuhkan mental percaya diri, dan kemandirian peserta didik. 2) Pelaksanaan kegiatan Posaharuka, dengan beberapa komponen yang saling menguatkan dan berkaitan terdiri dari tujuan pembelajaran, strategi, materi, kurikulum, media, evaluasi, pembelajar, waktu, tempat, umpan balik, pendekatan, dan hasil pembelajaran. 3) Evaluasi, berkaitan dengan pengukuran manfaat atau nilai untuk memperoleh kegiatan proses yang lebih baik di masa mendatang. 4) Faktor penunjang dan penghambat dengan mendapat dukungan penuh dari kepala sekolah MA Al-Huda, sarana prasarana yang memadai dan ditunjang kurikulum.
Analisis Pesan-Pesan Dakwah dalam Album Suara Hati Karya Iwan Fals Muhamad Reza Atqia; Hilmi Mubarok; Rafki Eri Irawan; Hilman Saripudin
Edunity Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 02 (2022): Edunity : Social and Educational Studies
Publisher : Publikasiku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.526 KB) | DOI: 10.57096/edunity.v1i02.7

Abstract

Dakwah tidak selalu harus disampaikan dengan pengajian atau peringatan hari besar Islam dan tidak selalu bertempat di masjid, majlis taklim atau tempat ibadah lainnya, dewasa ini banyak yang dapat dijadikan media dakwah seperti televisi, surat kabar, majalah, buku, lagu, dan internet. Dakwah juga dapat dilakukan melalui tulisan seperti cerpen, cerita, komik, novel dan lain-lain. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis pesan dakwah yang terkandung dalam lirik lagu album Suara Hati karya Iwan Fals. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi dokumentasi, yaitu mencari data tentang hal-hal atau variabel berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, lengger, agenda, dan sebagainya. Dengan langkah-langkah analisis data, sebagai berikut: 1). Mencari data 2). Pengolahan data 3). Mendeskripsikan data yang telah diperoleh 4). Menafsirkan pesan dakwah dalam teks lagu Iwan Fals 5). Buatlah kesimpulan dari hasil diskusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa pesan dakwah yang terbagi menjadi kategorisasi pesan, struktur pesan, dan daya tarik pesan.
Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Peserta Didik Di SMA IT Mekarjaya Garut Deden Mulyana; Ahmad Sukandar; Marwan Setiawan
Edunity Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 02 (2022): Edunity : Social and Educational Studies
Publisher : Publikasiku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.81 KB) | DOI: 10.57096/edunity.v1i02.8

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang stategi pembelajaran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di SMA IT Mekarjaya Garut. metode pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan landasan teologi Q.S An-Nahl:125, landasan filosofisnya behavior, landasan teoritisnya menggunakan teori manajemen strategi. Penelitian dilakukan di SMA IT Mekarjaya Garut. Teknik Pengumpulan Data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan: 1) Reduksi, 2) Penyajian Data (Data Reduction), 3) Penarikan kesimpulan atau verifikasi (conlusiondrawing/verification), 4) Verifikasi dan Penegasan Kesimpulan (Conclution Drawing and Verification). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Perencanaan strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam menunjukan bahwa guru Pendidikan Agama Islam menyusun terdahulu perencanaan pembelajaran mulai dari merumuskan tujuan pembelajaran, pemilihan materi ajar, dan pemilihan media pembelajaran dengan merencanakan strategi yang relevan dengan pembelajaran. 2) Pelaksanaan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam yang digunakan di SMA IT Mekarjaya Garut adalah strategi pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran cooperative, strategi pembelajaran afektif dan strategi pembelajaran problem solving. 3.Evaluasi strategi pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan ahlakul karimah peserta didik di SMA IT Mekarjaya Garut yaitu menggunakan lebih dari satu penilaian yaitu tes perbuatan (tes lisan) dan tes tertulis, 4). Kendala yang dihadapi dalam strategi pembelajaran PAI dalam meningkatkan ahlakul karimah peserta didik di SMA IT Mekarjaya Garut adalah kendala dari faktor lingkungan, siswa dan orang tua. Solusinya adalah guru harus memilki banyak cara untuk menghadapi kendala tersebut dan bekerjasama dengan kepala sekolah serta orang tua.
Pengaruh Lingkungan Keagamaan Keluarga Terhadap Akhlak Berteman Siswa Di Sekolah Fitri Laelasari
Edunity Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 02 (2022): Edunity : Social and Educational Studies
Publisher : Publikasiku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.455 KB) | DOI: 10.57096/edunity.v1i02.9

Abstract

Mini penelitian yang penulis ambil dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa lingkungan keluarga yang religius dapat mempengaruhi perilaku berteman dalam kehidupan sehari-hari siswa. Dapat ditarik hipotesis bahwa jika lingkungan keluarga dalam beragama baik maka akhlak siswa juga akan baik. Untuk uji signifikansi, t hitung = 8,30 lebih besar dari t daftar (dk 0,99) = 1,61 yang dapat diartikan bahwa antara lingkungan agama keluarga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perilaku siswa di sekolah. Sehingga hipotesis yang diajukan dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, karena terbukti bahwa t hitung 8,30 > t daftar 1,61 yang diartikan bahwa terdapat pengaruh antara lingkungan agama keluarga terhadap karakter persahabatan siswa. Besarnya pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y diperoleh nilai e = 47% yang dapat diartikan hampir setengahnya. Dengan demikian, variabel X memiliki pengaruh sebesar 47% atau hampir separuh pengaruhnya terhadap variabel Y. Akhirnya disimpulkan bahwa antara lingkungan keagamaan keluarga terhadap keramahan siswa terdapat pengaruh sebesar 47%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Pengembangan Keberagamaan Peserta Didik Melalui Budaya Agama Di SMPN 10 Bandung Ulfah Azqia Mupidah; Opik Taupikkurahman
Edunity Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 02 (2022): Edunity : Social and Educational Studies
Publisher : Publikasiku

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.576 KB) | DOI: 10.57096/edunity.v1i02.10

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan perkembangan agama mahasiswa yang mencari perkembangan budaya agama di SMP Negeri 10 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembinaan keagamaan siswa melalui pengembangan budaya keagamaan di SMP Negeri 10 Bandung telah berjalan dengan baik dan terprogram, baik yang dilakukan oleh sekolah sebagai lembaga pendidikan yang utuh dengan hikmah yang berkaitan dengan perkembangan budaya keagamaan di sekolah dan kegiatan masyarakat yang dilakukan oleh Rohis (Spiritual Islam) sebagai semacam kegiatan ekstrakurikuler sekolah khusus keteduhan. kegiatan keagamaan lainnya. Keberhasilan ini dapat dicapai karena upaya kepala sekolah dan dukungan dari seluruh komunitas sekolah dengan menunjukkan komitmen yang masing-masing terjadi bersama dan saling mendukung.

Page 1 of 35 | Total Record : 349


Filter by Year

2022 2025


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 9 (2025): Edunity: Social and Educational Studies Vol. 4 No. 8 (2025): Edunity: Social and Educational Studies Vol. 4 No. 7 (2025): Edunity: Social and Educational Studies Vol. 4 No. 6 (2025): Edunity: Social and Educational Studies Vol. 4 No. 5 (2025): Edunity: Social and Educational Studies Vol. 4 No. 4 (2025): Edunity: Social and Educational Studies Vol. 4 No. 3 (2025): Edunity: Social and Educational Studies Vol. 4 No. 2 (2025): Edunity: Social and Educational Studies Vol. 4 No. 1 (2025): Edunity: Social and Educational Studies Vol. 3 No. 12 (2024): Edunity: Social and Educational Studies Vol. 3 No. 11 (2024): Edunity: Social and Educational Studies Vol. 3 No. 10 (2024): Edunity: Social and Educational Studies Vol. 3 No. 9 (2024): Edunity: Social and Educational Studies Vol. 3 No. 8 (2024): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 3 No. 7 (2024): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 3 No. 6 (2024): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 3 No. 5 (2024): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 3 No. 4 (2024): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 3 No. 3 (2024): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 3 No. 2 (2024): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 3 No. 1 (2024): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 2 No. 12 (2023): Edunity: Social and Educational Studies Vol. 2 No. 11 (2023): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 2 No. 10 (2023): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 2 No. 9 (2023): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 2 No. 8 (2023): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 2 No. 7 (2023): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 2 No. 6 (2023): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 2 No. 5 (2023): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 2 No. 4 (2023): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 2 No. 3 (2023): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 2 No. 2 (2023): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 2 No. 1 (2023): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 1 No. 04 (2022): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 1 No. 03 (2022): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 1 No. 02 (2022): Edunity : Social and Educational Studies Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Edunity: Kajian Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 01 (2022): Edunity : Social and Educational Studies More Issue