Jurnalku
Vol 1 No 4 (2021): Desember 2021

Analisis Pengaruh Belanja Iklan terhadap Kinerja Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderasi

Dyah Rizki Anggita (Politeknik Keuangan Negara STAN)
Rahayu Kusumawati (Politeknik Keuangan Negara STAN)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh belanja iklan terhadap kinerja perusahaan yang diukur dengan penjualan dan profitabilitas perusahaan dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel moderasi. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh belanja iklan dan pengungkapan CSR terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan data dari 40 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sektor Consumer Non-Cyclicals pada periode 2015 s.d. 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi STATA 16. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa belanja iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan perusahaan, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa CSR memoderasi secara tidak signifikan hubungan belanja iklan dengan kinerja perusahaan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalku

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnalku merupakan media penyebarluasan hasil penelitian di keuangan umum, termasuk, namun tidak terbatas pada topik ekonomi, bisnis, keuangan, manajemen, akuntansi, kebijakan publik, dan keuangan umum lainnya. Jurnalku terbit empat kali dalam ...