Majalah Ilmiah Inspiratif
Vol 7, No 13 (2021): Majalah Inspiratif Vol.7 No.13 Juli 2021

DINAR STRATEGI MEWUJUDKAN BUDAYA SISWA BERKARAKTER DAN BERPRESTASI DI SMKN 5 KENDAL

Sanaji Sanaji (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2021

Abstract

Pendidikan karakter berusaha menanamkan berbagai kebiasaan-kebiasaan baik kepada siswa agar bersikap dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa. Nilai-nilai  karakter  perlu diajarkan kepada siswa sejak dini karena dengan praktik-praktik pendidikan karakter siswa akan terbangun pikiran, perkataan dan tindakan yang akhirnya dapat meningkatkan prestasi siswa.Strategi yang di gunakan penulis untuk mewujudkan budaya siswa yang  berkarakter dan peningkatan prestasi siswa di SMKN 5 kendal adalah dengan setrategi DINAR, yaitu karakter disiplin, nasionalisme dan religius.Langkah-langkah yang penulis lakukan diantarannya adalah 1) melakukan kegiatan apel hormat bendera dan menyanyikan lagu Indoseia Raya setiap pagi 10 menit sebelum pembelajaran di mulai, 2) melakukan pembiasaan 5 S ( senyum, sapa, salam , sopan dan santun) setiap bertemu dengn bapak ibu/guru dan karyawan, 3)melakukan pemeriksaaan rutin pemakaian seragam sekolah dan atribut, 4)melakukan taduruas Al Qur’an sebelum pembelajaran di mulai pada jam pertama, 5) melakukan shalat jamaah shalat dhuhur di masjid sekolah, 6) melaksanakan kegiatan-kegiatan peringatan hari besar agama.Penulis telah melakukan dan mengembangkan setrategi ini sejak tahun pelajaran 2016/2017. Kesadaran dan keikhlasan siswa meningkat dalam membangun budaya berkarakter dan berprestasi baik akademik maupun non akademik.   Kata Kunci : DINAR; Budaya Siswa Berkarakter dan Berprestasi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

INSPI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Majalah ilmiah Inspiratif memiliki latar belakang disiplin ilmu sosial dan politik. Akan terbit secara berkala, berisi tulisan dari dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dari program studi lain yang ada di Universitas Pandanaran maupun dari para akademisi dari berbagai lembaga pendidikan ...