G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan
Vol 6 No 2 (2022): G-Tech, Vol. 6 No. 2 Oktober 2022

Identifikasi Awal Risiko Kecelakaan Seaplane Pada Bandar Udara Perairan

Ade Ratih Ispandiari (Badan Riset Inovasi Nasional)
Ibnu Fauzi (Badan Riset Inovasi Nasional)
Dewi Kartikasari (Badan Riset Inovasi Nasional)
Siti Sadiah (Badan Riset Inovasi Nasional)
Nurul Shabrina (Badan Riset Inovasi Nasional)
Nanda Itohasi Gutami (Badan Riset Inovasi Nasional)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

negara. Pergerakan seaplane selama proses keberangkatan dan kedatangan menggunakan bandar udara perairan. Fase penerbangan meliputi phase standing dan taxiing, approach dan landing, en route dan take off. Setiap  aktivitas operasi  penerbangan tidak  lepas dari resiko. Oleh karena itu, identifikasi awal resiko kecelakaan pada seaplane di bandar udara perairan perlu dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan faktor resiko yang mempegaruhi keamanan dan keselamatan Seaplan di bandar udara perairan. Data yang digunakan bersumber dari Aviation Safety Network. Teknik analisa menggunakan metode analisis statistik dan cause Effect. Dari data tahun 2000 – 2020 tercatat 374 kecelakaan seaplane. Fase approach dan landing yang tertinggi sebesar 141 kecelakaan, enroute sebesar 114 kecelakaan, Take Off sebesar 76 kecelakaan dan Standing dan Taxiing sebesar 30 kecelakaan. Penyebab kecelakaan terbesar karena kehilangan kendali seaplane sebesar 122 kecelakaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

g-tech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Energy Engineering

Description

Jurnal G-Tech bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang teknologi dan terapan pada ruang lingkup keteknikan meliputi teknik mesin, teknik elektro, teknik informatika, sistem informasi, agroteknologi, ...