Media Konstruksi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Vol 3, No 1 (2018): MedKons

PENGARUH KADAR AIR TANAH DASAR (SUBGRADE) TERHADAP STABILITAS PERKERASAN JALAN

Muhammad Aslan (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2018

Abstract

Abstract The highway is one infrastructure that will accelerate the growth and development of an area and open social, economic and cultural relations. Then the highway is needed by the community in carrying out daily activities. The time and age of the road pavement construction process will experience a decrease in service levels. Decreasing levels of service are marked by damage to the pavement layer. One of the factors causing road damage is road instability. Due to normal road pavement instability causes corrugation.From the results of free compressive strength testing and water content examination at the Soil Mechanics Laboratory, Faculty of Engineering, Halu Oleo University, which was carried out using subgrade samples from three sampling points, showed that subgrade strength tended to change with changes in water content in the soil. . This can be shown based on the results of water content testing and free compressive strength on the condition of the original soil obtained an average water content value and compressive strength of 18.82% and 0.055 Kg / cm2. While the results of water content testing and free compressive strength in the treatment conditions obtained an average value of water content and compressive strength of 24.51% and 0.015 Kg / cm2.  Abstrak Jalan raya adalah salah satu prasarana yang akan mempercepat pertumbuhan dan pengembangan suatu daerah serta membuka hubungan sosial, ekonomi dan budaya. Maka jalan raya sangat dibutuhkan masyarakat dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Berjalannya waktu dan umur rencana proses pembangunan lapis perkerasan jalan akan mengalami penurunan tingkat pelayanan. Menurunnya tingkat pelayanan ditandai dengan adanya kerusakan pada lapis perkerasan jalan. Salah satu faktor penyebab kerusakan jalan ialah ketidakstabilah perkerasan jalan. Akibat ketidakstabilan perkerasan jalan biasa menyebabkan jalan bergelombang (corrugation). Dari hasil pengujian kuat tekan bebas dan pemeriksaan kadar air di laboratorium Mekanika Tanah Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo, yang dilakukan dengan menggunakan sampel tanah dasar dari tiga titik pengambilan sampel, menunjukkan bahwa kekuatan tanah dasar cendreung  berubah dengan adanya perubahan kadar air yang terkandung di dalam tanah. Hal ini dapat ditunjukkan berdasarkan hasil pengujian kadar air dan kuat tekan bebas pada kondisi tanah asli didapatkan rata-rata nilai kadar air dan kuat tekan sebesar 18,82% dan 0,055 Kg/cm2. Sedangkan hasil pengujian kadar air dan kuat tekan bebas pada kondisi perlakuan didapatkan rata-rata nilai kadar air dan kuat tekan sebesar 24,51% dan 0,015 Kg/cm2. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

MedKons

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Earth & Planetary Sciences Engineering Materials Science & Nanotechnology Transportation

Description

Adapun bidang-bidang yang tercakup di dalam ruang lingkup Jurnal Media Konstruksi, namun tidak terbatas pada, antara lain: - Teknologi Informasi dan Komunikasi - Pemukiman dan Bencana - Bangunan Berorientasi Lingkungan - Transportasi - Teknologi Proses - Kelautan - Geoteknik - Struktur - Manajemen ...