Jurnal Pelita Ilmu
Vol 15 No 02 (2021): Jurnal Pelita Ilmu - Oktober 2021

Marketing Strategy Analysis Of Smoke Mangut Catfish To Preserve Traditional Food (Case Study At Rinati Store in Tangerang City)

Etty Zuliawati Zed (Universitas Pelita Bangsa)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji strategi pemasaran yang selama ini telah diterapkan oleh Kedai Rinati dalam memasarkan produk mangut lele asapnya. (2) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang mempengaruhi strategi pemasaran pada pemasaran mangut lele asap Kedai Rinati. (3) Merumuskan dan menetapkan alternatif strategi pemasaran yang sesuai untuk diterapkan oleh Kedai Rinati dalam memasarkan produk mangut lele asap. Penelitian dilakukan di Kedai Rinati. Data dan informasi penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Pemilihan responden dilakukan secara purposive. Alat analisis yang digunakan adalah matrik EFE (Eksternal Factor Evaluation), matrik IFE (Internal Factor Evaluation), matrik SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats), matrik IE (Internal-External) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil dari perhitungan matrik IFE dengan kekuatan utama perusahaan adalah produk yang berkualitas dan kelemahan utama perusahaan adalah minimnya modal yang dimiliki. Hasil dari perhitungan matrik EFE diperoleh dengan Peluang utama dari perusahaan adalah tingginya loyalitas konsumen terhadap produk perusahaan dan Ancaman utama dari perusahaan adalah banyaknya produk substitusi. Hasil dari penilaian matrik IE menempatkan perusahaan pada posisi sel V yaitu strategi menjaga dan mempertahankan. Hasil analisis SWOT menghasilkan 8 alternatif strategi yang dapat dipilih oleh perusahaan yaitu: 1) Mempertahankan harga dan meningkatkan kualitas produk untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen. 2) Menjalin kerjasama dengan agen distributor yang potensial untuk menambah pangsa pasar. 3) Memanfaatkan lokasi yang strategis untuk menarik pelanggan yang potensial. 4) Menciptakan produk dengan bentuk dan cita rasa yang baru. 5) Mejalankan sistem manajemen organisasi internal perusahaan. 6) Membangun atau menyewa kios di tempat-tempat yang strategis untuk meningkatkan penjualan. 7) Melakukan kegiatan promosi dan iklan untuk menarik pelanggan potensial dan memperluas daerah pemasaran. 8) Membangun dan mengembangkan usaha patungan (Joint Venture) dengan pihak yang menyediakan modal dan bahan baku untuk meningkatkan kapasitas produksi. Berdasarkan hasil analisis matrik QSPM, dari delapan alternatif strategi yang ada terdapat satu alternatif strategi yang diprioritaskan untuk dilakukan oleh perusahaan yaitu mempertahankan harga dan meningkatkan kualitas produk untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Pelita Ilmu adalah salah satu jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial. Jurnal Pelita Ilmu mengkaji berbagai hal yang berkaitan dengan Ilmu Ekonomi Manajemen (Konsentrasi Pemasaran, Sumber Daya Manusia, Keuangan, Operasional, Strategik, dan Kewirausahaan), ...