Journal of Islamic Management
Vol. 2 No. 2 (2022): July

Strategi Dakwah dalam Digitalisasi Ziswaf di Era Pandemi

Afidatul Asmar (Institut Agama Islam Negeri Parepare)
Lira Yuanita (Alumni Universitas Airlangga Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna digitalisasi ziswaf, mengidentifikasi dan mendeskripsikan cara kerja ZISWAF digital, dan menganalisis strategi dakwah yang bisa diterapkan kepada masyarakat terkait digitalisasi ziswaf. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari studi literatur kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil yang didapatkan dari peneliian ini yaitu bahwa digitalisasi ziswaf atau ziswaf digital merupakan inovasi dari transaksi ZISWAF yang dilakukan secara online melalui aplikasi atau platform tertentu yang bekerjasama dengan BAZNAS. Cara kerjanya seperti praktik transaksi ZISWAF pada umumnya, namun melalui online. Strategi dakwah yang bisa diterapkan untuk meningkatkan literasi masyarakat terkait ziswaf digital antara lain: 1) Strategi Tilawah dengan ceramah atau tulisan yang berisi tentang penjelasan aturan dan hukum transaksi ZISWAF, 2) Strategi Tazkiyah, dengan mengajak seseorang yang kotor jiwanya untuk bertaubat melalui ceramah maupun ESQ, dan 3) Strategi Ta’lim, dengan membuatkan kurikulum pembelajaran bertahap terkait ZISWAF digital. Kesimpulannya ialah bahwa strategi dakwah dapat diterapkan untuk meningkatkan literasi masyarakat terkait digitalisasi ZISWAF

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Journal of Islamic Management is an open access and peer-reviewed journal published by the Department of Da’wah Management, Faculty of Da’wah and Communication, Sunan Ampel State Islamic University (UIN) Surabaya. Our main goal is to disseminate current and original articles from researchers and ...