Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Vol. 19 No. 2 (2022): Edisi Juli 2022

SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PEMANFAATAN VIRTUAL REALITY (VR) SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN

Pramesti, Azilla Auri (Unknown)
Sitompul, Richard Panigor (Unknown)
Sopiya, Nofa (Unknown)
Fitroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Virtual Reality (VR) sudah bukan hal yang asing lagi untuk era digital saat ini. Teknologi ini telah berkembang sangat cepat dan merambat ke dalam banyak aspek kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. Pada artikel ini, peneliti melakukan review terhadap penelitian saat ini dan sebelumnya, untuk memahami sejauh mana pemanfaatan teknologi Virtual Reality (VR) sebagai alternatif media pembelajaran pada institusi pendidikan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan pendefinisian research questions sebagai langkah pertamanya. Proses pencarian dilakukan dengan menggunakan basis data Scopus menggunakan tools Publish or Perish 8, dan pemilihan artikel didasarkan pada kriteria inklusi dan eksklusi yang terkait dengan research questions tersebut. Terdapat 200 artikel yang ditemukan pada tahap awal pencarian dengan total 22 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil yang didapat berupa pembahasan beberapa aspek yang terkait dengan pemanfaatan virtual reality sebagai media pembelajaran, seperti: jenis teknologi yang digunakan, lokasi institusi pendidikan yang menggunakan VR, domain pembelajaran, jenjang pendidikan, teknik evaluasi pembelajaran dengan VR, dan tujuan/ manfaat penggunaannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPTK

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal managed by the Faculty of Engineering and Vocational, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). The scope of this journal covers the fields of Education, Electrical Engineering, Informatics, Computer Science, Information System, ...