Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman
Vol 1 No 2 (2022): Juni

DIAGNOSIS PRESTASI BELAJAR REMAJA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP AL - WASHLIYAH MEDAN TEMBUNG

Enno Ramadhandi (Unknown)
Saniyyah Muhammad, Amirah (Unknown)
Nur Ainun (Unknown)
Nur Balqis Azzahra Sani (Unknown)
Siti Nurhaliza (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa aspek diagnosa prestasi belajar kalangan remaja (siswa) MTs Al-Washliyah Medan Tembung pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus melalui pendekatan kualitatif. Pemerolehan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun indikator yang diperhatikan meliputi peran orang tua dan guru dalam pendampingan belajar anak selama pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa mengenai diagnosis prestasi belajar remaja di masa pandemi covid-19, yaitu pertama, metode tatap muka dengan menggunakan sistem shift atau bergantian, pada saat pembelajaran tatap muka siswa di ruang kelas harus tidak lebih dari enam belas siswa dalam satu ruangan dan dilakukan dengan dua hari sekali. Kedua, dengan sistem daring yaitu dengan dengan cara bergantian dengan tatap muka yang dilaksanakan selama 2 hari sekali. Ketiga, adalah harus adanya bantuan paket data internet dari pemerintah kepada guru dan siswa untuk menunjang pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini agar lebih leluasa dalam mengikuti proses belajar mengajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekiawan

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman is a regular scientific journal published by the Zia Salsabila Foundation, Education and Research Sector since 2022. Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, published four times a year in January-March, April-June, July-September, and ...