Gatranusantara
Vol. 16 No. 2 (2018): Oktober

PENERAPAN METODE PROJECT CITIZEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Dorcas Langgar (Dosen Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas Nusa Cendana, Kupang)
Yanuarius Kowe (Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas Nusa Cendana, Kupang)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan metode Project Citizen di kelas X B SMAS Katolik Thomas Aquino Golewa Tahun Pelajaran 2016/2017, Kecamatan Golewa,Kabupaten Ngada. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik wawancara, dokumentasi dan observasi, data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis deskriptif kemudian dilanjutkan dengan reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan.Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PPKn dan siswa siswi yang mewakili dari kelas X B SMAS Katolik Thomas Aquino. Hasil penelitian menunjukkan metode project citizen sangat bagus diterapkan dalam pembelajaran karena metode tersebut dapat meningkatkan keaktifan siswa seperti mengemukakan pendapat dalam kelompok, memberikan kesempatan kepada teman lain untuk berpendapat dalam kelompok, mendengarkan dengan baik ketika teman lain berpendapat, memberikan gagasan yang baik, memanfaatkan potensi anggota kelompok, saling membantu dalam menyelesaikan masalah, membuat keputusan berdasarkan pertimbangan anggota kelompok yang lain.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JG

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Gatranusantara (JG), p-ISSN: 1858-2893 dan e-ISSN:2722-5151, merupakan media publikasi bagi para peneliti dan pemerhati di bidang Hukum, Budaya dan Pendidikan. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pancasila dan ...