Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Kewarganegaraan dengan pembelajaran kooperatif learning model problem based introduction (PBI). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian PTK, yang menjadi subyek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Amarasi, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Tes tertulis digunakan pada akhir siklus I dan siklus II, yang terdiri atas materi Narrative Text. Sedangkan Teknik non tes meliputi teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dekskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dan prestasi belajar siswa. Data hasil analisis penilaian proses pembelajaran dari segi hasil dan keaktifan siswa terjadi perubahan tahap demi tahap Jika dibandingkan antara keadaan kondisi awal, siklus I dan siklus II dapat dilihat bahwa saat kondisi awal rata-rata kelas sebesar 4,83, sedangkan nilai rata-rata kelas siklus II sudah ada peningkatan menjadi 6,67. Adapun kenaikan rata-rata pada siklus II menjadi 7,66. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil sehingga peneliti merekomendasikan penerapan pembelajaran kooperatif learning model problem based introduction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar Kewarganegaraan siswa. Keywords Hasil Belajar, Model Kooperatif Problem Based Introduction (PBI).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020