Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa terkhususnya pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Kupang pada tahun ajaran 2018/2019, adapun yang menjadi subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 7 Kupang pada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 31 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus dengan hasil yang diperoleh yaitu Penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar dari siklus I dan siklus II berdasarkan nilai rata-rata kelas. Pada siklus I nilai rata-rata menunjukkan 79,41 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88,58. Keywords_ Hasil Belajar, IPS, Penemuan Terbimbing
Copyrights © 2020