Gatranusantara
Vol. 18 No. 2 (2020): Oktober

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 7 KUPANG

Therisia Fatutuan (Guru pada SMP Negeri 7 Kupang)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa terkhususnya pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Kupang pada tahun ajaran 2018/2019, adapun yang menjadi subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 7 Kupang pada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 31 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus dengan hasil yang diperoleh yaitu Penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar dari siklus I dan siklus II berdasarkan nilai rata-rata kelas. Pada siklus I nilai rata-rata menunjukkan 79,41 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88,58. Keywords_ Hasil Belajar, IPS, Penemuan Terbimbing

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JG

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Gatranusantara (JG), p-ISSN: 1858-2893 dan e-ISSN:2722-5151, merupakan media publikasi bagi para peneliti dan pemerhati di bidang Hukum, Budaya dan Pendidikan. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pancasila dan ...