Gatranusantara
Vol. 17 No. 2 (2019): Oktober

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA PELAJARAN IPA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 KUPANG TIMUR

Paulus Taek (Dosen Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Nusa Cendana, Kupang)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2019

Abstract

Model pembelajaran word squareadalah model pembelajaran yangyang dapat menambah pemahaman siswa pada materi pelajaran serta mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata diklat produksi pakan ikan buatan dengan menerapkan model pembelajaran word square.Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan tindakan pada setiap siklus dilakukan dengan melalui prosedur perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasidan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kupang Timur. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket motivasi belajar, lembar observasi pembelajaran word square, dan lembaran wawancara. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut. Perolehan skor pembelajaran word square dengan persentase 78% pada siklus I dan 81% pada siklus II, serta hasil capaian indikator motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran word square, yakni untuk indikator I (tekun dalam IPA) dengan persentase 80% pada siklus I dan 90% pada siklus II, untuk indikator II (ulet dalam menghadapi kesulitan belajar IPA) dengan persentase 80% pada siklus I dan 90% pada siklus II, untuk indikator III (menunjukkan minat terhadap masalah) dengan persentase 80% pada siklus I dan 90% pada siklus II, untuk indikator IV (mempertahankan pendapat yang dimiliki dan tidak mudah melepaskan sesuatu yang diyakini) dengan persentase 70% pada siklus I dan 80% pada siklus II, dan untuk indikator V (mandiri dalam bekerja) dengan persentase 80% pada siklus I dan 90% pada siklus II. Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran pada mata diklat produksi pakan ikan buatan dengan menggunakan model pembelajaran word square dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kupang Timur.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JG

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Gatranusantara (JG), p-ISSN: 1858-2893 dan e-ISSN:2722-5151, merupakan media publikasi bagi para peneliti dan pemerhati di bidang Hukum, Budaya dan Pendidikan. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pancasila dan ...