Untuk keberhasilan pembelajaran guru harus kembali pada pemikiran bahwa siswa akan belajar lebih baik jika lingkungan belajar diciptakan secara alamiah. Belajar akan lebih baik bermakna jika siswa mengalami apa yang dipelajari agar siswa memiliki kompetensi yang diharapkan. Bukan sekedar mengetahui saja. Pembelajaran yang berorientasikan pada keterampilan proses ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pada materi pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Rendahnya nilai hasil belajar siswa menggambarkan rendahnya tingkat kemampuan siswa pada mata pelajaran tersebut diatas. Mata pelajaran Penjas dari 18 siswa kelas V SD Negeri Bonipoi 1 Kota Kupang, hasil tes formatif tentang servis atas permainan bola volly dibawah nilai ideal yaitu 5,33. Berdasarkan fakta tersebut guru berniat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan tentang servis atas permainan bola volly dengan menggunakan menggunakan pendekatan pembelajaran driil dan bermain di kelas V SD Negeri Bonipoi 1 Kota Kupang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri Bonioi I Kota Kupang. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan hasil yang diperoleh pada akhir siklus adalah perhatian siswa akan terfokus pada pelajaran jika guru menyajikannya menggunakan pendekatan yang sesuai dapat meningkatkan hasil belajardan aktifitas belajar siswa, hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata tes formatif , pada mata pelajaran Penjas di kelas V diperoleh nilai pra siklus 5.33, siklus I 6.00 dan siklus II 8.22, terlihat ada peningkatan yang signifikan dari setiap siklusnya Kata Kunci: Hasil Belajar, Bola Voli, Drill
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019