Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media video oleh guru PPKn dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 5 Kota Kupang. Metode dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan tes hasil belajar siswa. Wawancara dilakukan dengan Guru PPKn dan 10 orang siswa kelas IX B SMPN 5 Kota Kupang, Observasi dilakukan terhadap siswa dan guru pada saat proses pembelajaran menggunakan media video berlangsung dan tes hasil belajar siswa dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media video. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media video dalam pembelajaran PPKn di kelas IX B SMP Negeri 5 Kota Kupang oleh guru terlaksana dengan sangat baik dan menggunakan langkah-langkah yang sistematik. Penggunaan media video oleh guru PPKn telah terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa, Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil belajar siswa sebelum menggunakan media video nilai rata-rata siswa 63.40 yakni 6 orang siswa yang lulus dengan nilai 75-85, sedangkan 16 orang siswa tidak lulus dengan nilai 50-70 dan sesudah menggunakan media video nilai rata-rata 84.31 ada perubahan nilai siswa meningkat yaitu 22 orang siswa lulus dengan nilai 75-100 sedangan 2 orang siswa tidak lulus dengan memperoleh nilai 70.
Copyrights © 2019