Pembelajaran di kampus Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) perlu diperbaiki terkait dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Pembelajaran di kelas perlu ditekankan untuk memperbaiki kemampuan berpikir kritisnya. Kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah pembelajaran terpadu menjadi dasar penelitian ini. Pembelajaran terpadu sebagai dasar pembelajaran untuk mahasiswa mempelajari bagaimana merancang pembelajaran dengan kurikulum 2013 (K13). Dalam hal ini pembelajaran terpadu memiliki nilai kemampuan berpikir kritis yang rendah. Penelitian akan dilaksanakan di Kampus PGSD Universitas Nusa Cendana pada semester 4. Pelaksaan pembelajaran dengan model think pair share (TPS) untuk meningkatkan efektivitas kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Oleh karena itu penelitian eksperimen akan dilakukan dengan pembelajaran model think pair share (TPS). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dalam pembelajaran meliputi perbedaan kemampuan berpikir kritis dan peningkatan kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian ini 1) kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model think pair share bahwa hasil signifikansi 0,000< 0,005 bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada kelas kontrol dan eksperimen. 2) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 0,65 yang berada pada rentang 0,70>g>0,30 pada kriteria sedang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019