Gatranusantara
Vol. 17 No. 2 (2019): Oktober

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SD NEGERI KUANINO KUPANG

Benediktus Kasa (Dosen Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Nusa Cendana, Kupang)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2019

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan sebagai berikut : Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan mengambil lokasi di SD Negeri Kuanino Kupang. Adapun subjek penelitian ini adalah para siswa kelas IIIa yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 7 siswi perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Data yang telah terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa tentang Hak dan Kewajiban dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a matchdimana siklus I ketuntasan yang diperoleh peneliti hanya 40,90% atau 9 orang yang mencapai ketuntasan, sedangkan 59,09% atau 13 orang belum mencapai KKM. Namun pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,9% atau 18 orang mencapai KKM sedangkan 18,19% atau 4 orang siswa yang tidak mencapai KKM. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran tentang Hak dan Kewajiban dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JG

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Gatranusantara (JG), p-ISSN: 1858-2893 dan e-ISSN:2722-5151, merupakan media publikasi bagi para peneliti dan pemerhati di bidang Hukum, Budaya dan Pendidikan. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pancasila dan ...