Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan pembelajaran kooperatif learning model problem based introduction (PBI) mahasiswa semester II Jurusan Administrasi Niaga FISIP Undana Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini penelitian PTK, yang menjadi subyek penelitiannya adalah mahasiswa semester II Jurusan Administrasi Niaga FISIP Undana Kupang, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Tes tertulis digunakan pada akhir siklus I dan siklus II. Sedangkan Teknik non tes meliputi teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dekskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dan prestasi belajar mahasiswa. Data hasil analisis penilaian proses pembelajaran dari segi hasil dan keaktifan mahasiswa terjadi perubahan tahap demi tahap Jika dibandingkan antara keadaan kondisi awal , siklus I dan siklus II dapat dilihat bahwa saat kondisi awal rata-rata kelas sebesar 4,83, sedangkan nilai rata-rata kelas siklus II sudah ada peningkatan menjadi 6,67. Adapun kenaikan rata-rata pada siklus II menjadi 7,66. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil sehingga peneliti merekomendasikan penerapan pembelajaran kooperatif learning model problem based introduction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa semester II Jurusan Administrasi Niaga FISIP Undana Kupang.
Copyrights © 2019