Gatranusantara
Vol. 17 No. 2 (2019): Oktober

KAJIAN PENERAPAN PETA KONSEP OLEH GURU PPKN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA MATERI HAM KELAS XI IIS I SMA NEGERI AYOTUPAS

Dorcas Langgar (Dosen pada Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan FKIP)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah-masalah yang timbul dalam usaha mencapai tujuan pembelajaran PPKn di sekolah.Seperti yang terjadi pada proses pembelajaran PPKn di SMA N Ayotupas yaitu siswa cepat bosan dan tidak paham pada materi pelajaran karena guru masih mengajar menggunakan metode konvensional yaitu ceramah.Oleh karena itu, guru berupaya mengganti metode pembelajaran menggunakan Peta Konsep untuk meningkatkan pemahaman siswa.Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah penerapan Peta Konsep oleh guru PPKn untuk meningkatkan pemahaman siswa di kelas XI IIS I SMA Negeri Ayotupas yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumen.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Peta Konsep mampu meningkatkan pemahaman siswa. Dalam proses pembelajaran, siswa-siswi sangat antusias dan aktif mengeluarkan pendapat dari apa yang sudah mereka ketahui dari awal karena memanfaatkan cara kerja alami otak siswa dari awal, memanfaatkan pemahaman siswa semaksimal mungkin dengan siswa dituntun menemukan ide-ide yang relevan dengan ide utama menggunakan pemahaman siswa sendiri, siswa bertanggungjawab ketika presentasi dengan menjawab pertanyaan dari siswa lain sehingga berpengaruh pada pemahaman siswa karena lebih mudah mengingat apa yang sudah mereka pelajari. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan Peta Konsep dalam pembelajaran PPKn khususnya pada materi HAM di kelas XI IIS I SMA Negeri Ayotupas memiliki pengaruh terhadap semangat belajar siswa yang semakin giat dan berdampak pada pemahaman siswa pada materi HAM meningkat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JG

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Gatranusantara (JG), p-ISSN: 1858-2893 dan e-ISSN:2722-5151, merupakan media publikasi bagi para peneliti dan pemerhati di bidang Hukum, Budaya dan Pendidikan. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pancasila dan ...