Model Think pair and share (TPS) memberikan kepada para mahasiswa waktu untuk berpikir dan merespons serta saling bantu satu sama lain. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dalam penerapan pembelajaran koorperatif model think pair and share dan juga untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa setelah penerapan model pembelajaran model think pair and share ditinjau dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian PTK, dengan subjek mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada saat penerapan pembelajaran koorperatif model think pair and share, mahasiswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran yang terlihat dari keseriusan mereka dalam mendengar, mencari, menemukan dan mengungkapkan materi yang di berikan oleh dosen. Pembelajaran kooperatif model Think Pair And Share memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar mahasiswa dalam setiap siklus yaitu siklus I 14,71 %, siklus II 73,53 %, siklus III 88,24 % dan jumlah rata-rata skor yang tercapai pada siklus I 62,65, siklus II 69,412, dan pada siklus III 71,53. Keywords Model Pembelajaran Think Pair And Share, Prestasi Belajar
Copyrights © 2020