AL ISHLAH Jurnal Pendidikan
Vol 14, No 4 (2022): AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan

Internalization of Islamic Values in Students in Learning Islamic Religious Education

Amiruddin Siahaan (UIN SU Medan)
Akmal Walad Ahkas (UIN SU Medan)
Siti Hajar Pulungan (UIN SU Medan)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai keislaman siswa melalui mata pelajaran agama Islam, faktor-faktor yang mendukung dan menghambat internalisasi nilai-nilai keislaman peserta MTs Tarbiyah Islamiyah Hajoran dan kontribusi mata pelajaran pendidikan agama Islam terhadap siswa-siswi MTs Tarbiyah Islamiyah Hajoran. . Penulis melakukan penelitian di Mts Tarbiyah Islamiyah Hajoran dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus.Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya yang dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai Islam pada siswa MTs Tarbiyah Islamiyah Hajoran, tidak hanya mengacu pada kognitif atau pengetahuan tetapi juga praktik dan sosial. Kesabaran, semangat dan kegigihan dari pendidik menjadi kunci utama mengarahkan peserta didik menjadi lebih baik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alishlah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education Curriculum Education policy Learning Method Learning Material Assessment in Learning Formal Education Informal ...