Jurnal PIPSI: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia
Vol 7, No 3 (2022): VOLUME 7 NUMBER 3 SEPTEMBER 2022

ANALISIS PERILAKU MASYARAKAT DALAM MEMBUANG SAMPAH DI BANTARAN SUNGAI SETAIL

Nafiista Barkania Ayu Benani (Universitas Jember)
Sudarti Sudarti (FKIP Universitas Jember, Jember , Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

Perilaku masyarakat dalam membuang sampah di bantaran Sungai Setail menjadi penyebab terjadinya pencemaran sungai. Penelitian ini bertujuan menganalisis  perilaku masyarakat dalam membuang sampah plastik di bantaran sungai setail dengan harapan masyarakat dapat lebih tanggap dan memahami akan masalah dilingkungan sekitar yang dapat merugikan alam dan manusia karena tindakan pembuangan sampah di bantaran sungai. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi yang dilakukan melalui survey dengan metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di sekitar Bantaran Sungai Setail Desa Purwoharjo, dengan sampel penelitian adalah masyarakat Dusun Curahpecak Desa Purwoharjo Kecamatan Purwoharjo yang berjumlah 30 orang. Data penelitian dianalisis untuk mengetahui perilaku masyarakat membuang sampah plastik di bantaran Sungai Setail dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku masyarakat membuang sampah  mulai dari yang tertinggi sampai terendah adalah indicator sikap sebesar 88%, indicator pengetahuan sebesar  68% dan indikator sarana prasarana sebesar 62%. Data penelitian dapat disimpulkan perilaku masyarakat membuang sampah plastik di bantaran sungai setail masih berlangsung karena kurangnya kesadaran masyarakat akan penyebab yang ditimbulkan dari pembuangan sampah di sungai. Tingginya pengetahuan masyarakat tidak menjadi patokan terkait  kesadaran yang dimiliki masyarakat untuk tidak mencemari sungai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JurnalPIPSI

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is a Journal in the field of social sciences education: teaching, development, instructional, educational project and innovations, learning methodologies and new technologies in educational and learning and the other issues for social ...