Jurnal Ilmiah KORPUS
Vol 6 No 2: Agustus 2022

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF TERHADAP KINERJA SISWA

Yulianti, Rizki Pramita (Unknown)
Siregar, Epi Supriani (Unknown)
Hidayat, Ikhwan Mahfud (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2022

Abstract

Artikel ini mengkaji pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan kognitif dalam meningkatkan prestasi akademik. Artikel ini menjelaskan peran variabel hubungan guru-siswa dan penilaian pembelajaran dalam mendorong munculnya motivasi belajar siswa di tingkat sekolah dasar. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dari 135 guru kelas 5 dan 6 di 17 sekolah dasar di wilayah Polonia Medan, Indonesia. Analisis data Structural Equation Modeling (SEM) menunjukkan pengaruh positif terhadap asosiasi belajar dan evaluasi kinerja siswa melalui motivasi belajar dan kemampuan kognitif dengan korelasi yang signifikan (p < 0,05). Hasil dari artikel ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa merupakan perantara yang mempengaruhi kemampuan kognitif dan kinerja akademik siswa di kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

korpus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah KORPUS merupakan jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIB. Jurnal ini memuat dan menyebarluaskan hasil kajian ilmiah dan hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen yang terpilih tentang bahasa, sastra, dan pengajarannya. KORPUS terbit tiga kali dalam setahun, yaitu ...