Abstrak:Masalahnya adalah "bagaimana desain, proses, evaluasi dan faktor pendukung danMenghambat proses pembelajaran berbasis tema-terintegrasi di sekolah dasarSungai ya sub-kabupaten. Tujuan untuk menggambarkan desain, proses, evaluasi danFaktor pendukung dan menghambat proses pembelajaran berbasis tema yang terpadu diSekolah dasar di wilayah Sungai Raya. Data itu diperoleh melalui pengamatan,Wawancara mendalam, catatan lapangan dan analisis data dokumen dan dokumentasi dariProses pengajaran dan pembelajaran. Yang dianalisis dengan triangulasi untuk mendapatkanKeakuratan dan keabsahan data. Hasilnya adalah: (1) pelajaran tematik yang terintegrasiRencana yang dibuat oleh para guru secara umum telah memenuhi syarat dalam membuat rencanapelajaran tematik;(2) pembelajaran tematis yang terpadu diimplementasikan sesuai dengan program tersebutYang telah disiapkan; (3) evaluasi tidak monoton, evaluasiPembelajaran menggunakan beberapa alat penilaian untuk membuat gurulebih memahamiDengan karakteristik dan kemampuan dari pelajar (4) ketersediaan pelatihanAkses untuk guru dan pembatasan fasilitas dan infrastruktur menjadi sangatFaktor pendukung dan menghambat proses pembelajaran tematik yang terintegrasi. Abstract:The problem was “how is the design, process, evaluation and supporting factors andinhibiting the integrated thematic learning process in Public Elementary school inSungai Raya subdistrict. The aim to describe the design, process, evaluation andsupporting factors and inhibiting the integrated thematic learning process atElementary school in Sungai Raya sub-district. The data was obtained by observation,in-depth interview, field note and document data analysis and documentation ofteaching and learning process. The analyzed by triangulation in order to obtain theaccuracy and the validity of data. The results were: (1) integrated thematic lessonplan made by teachers in general had been qualified in making thematic lesson plan;(2) Integrated thematic learning was implemented in accordance with the programthat had been prepared; (3) The evaluation was not monotonous, the evaluation oflearning used several assessment instruments to make the teacher more understandwith the characteristics and capabilities of the learners (4) Availability of trainingaccessed for teachers and the limitation of facilities and infrastructure became a verysupportive factor and inhibit the thematic learningprocess Integrated. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022