Jurnal Medika: Karya Ilmiah Kesehatan
Vol 5 No 2 (2020): Jurnal Medika : Karya Ilmiah Kesehatan

Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Tanggungan BPJS di Klinik Bhayangkara Polda Bali

Ni Nengah Dwi Susila Dewi (STIKES BINA USADA BALI)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2020

Abstract

ABSTRAK Salah satu upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan, pemerintah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, mutu pelayanan kesehatan harus ditingkatkan supaya masyarakat mau berkunjung untuk melakukan pemeriksaan. Berdasarkan wawancara di Klinik Bhayangkara Polda Bali dari 7 pasien, 5 orang menyatakan belum puas dengan pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien tanggungan BPJS di Klinik Bhayangkara Polda Bali. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptive corelation dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 109 orang dengan metode convenience sampling. Teknik analisa data menggunakan Statistik Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan nilai p-value=0,000 (p≤ 0.05) dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,707. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien tanggungan BPJS di Klinik Bhayangkara Polda Bali. Mutu pelayanan yang baik dapat meningkatkan kepuasan pasien. Kata Kunci : Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien ABSTRACT One of the effort to improve health status, the government collaborate with BPJS Health. Therefore, the quality of health services must be improved in order to make people want to visit for an inpection. Based on interviews at the Bali Police Bhayangkara Clinic of 7 patients, 5 people said the were not satisfied with the services that provided. The purpose of this study was to determine the correlation between health service quality and patients’ satisfaction of BPJS insurance in Bali Police Bhayangkara Clinic. This study used descriptive correlation with cross sectional approach. The sample used was 109 respondents with convenience sampling method. Data analysis techniques used Rank Spearman Statistics. The results showed that p-value = 0,000 (p≤0.05) with a correlation coefficient (r) = 0.707. Based on this analysis, it can be concluded that there was a correlation between health service quality and patients’ satisfaction of BPJS insurance in Bali Police Bhayangkara Clinic. Good service quality can increase patients’ satisfaction. Keywords : Health Service Quality, Patients’ Satisfaction

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

medika

Publisher

Subject

Health Professions Nursing

Description

Jurnal Medika Karya Ilmiah Kesehatan, provides a forum for publishing Development of Scientific-Based Research and Publication of Manuscripts in Reputable National and International Journals. Scientific articles dealing with the following topics in Nursing, Midwifery, medical laboratory ...