Beberapa permasalahan yang dialami perserta didik di lapangan mengindikasikan meaning of life dan kebersyukuran hidup yang rendah. Permasalahan tersebut muncul karena minimnya “informasi” yang diterima oleh peserta didik berkaitan dengan pemahamannya tentang meaning of life dan kebersyukuran yang harusnya di terapkan dalam kehidupannya, untuk mencapai kenyamanan dan kebahagiaan. Tujuan penelitian ini untuk menelaah relevansi meaning of life dan kebersyukuran pada kehidupan siswa melalui penggunaan layanan informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan informasi dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa, pemahaman siswa mengenai kesehatan reproduksi, kedisiplinan siswa, serta kepatuhan terhadap tata tertib sekolah. Secara khusus layanan informasi dapat juga meningkatkan meaning of life dan kebersyukuran hidup peserta didik. Kesimpulan substantif penelitian ini telah mengemukakan penggunaan layanan informasi dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang meaning of life dan kebersyukuran hidup.
Copyrights © 2022