Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 7, No 2 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 7 No. 2 April 2022

PERSEPSI MASYARAKAT NELAYAN DESA MANDIKE TENTANG PENDIDIKAN FORMAL KECAMATAN TIWORO UTARA KABUPATEN MUNA BARAT

la ode muhamad yusran (universitas halu oleo)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

ABSTRAKDesa Mandike terletak di Kecamatan Tiworo Utara Kabupaten Muna Barat Sulawesi Tenggara dengan luas wilayah  yang terdiri dari 2 dusun serta masing-masing dusun terdiri dari 2 RT yang terbagi dalam beberapa keapala keluarga. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat nelayan pesisir Desa Mandike tentang pentingnya pendidikan formal. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif, penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang bertujuan untuk mengungkap fenomena yang ada dan memahami dibalik fenomena. Hasil penelitian diketahui bahwa pandangan masyarakat desa mandike terkait pendidikan formal telah mengalami peningkatan bahkan orang tua yang memiliki pendidikan rendah tidak mempengaruhi persepsi mereka dalam memotifasi atau memberi mereka dukungan serta dorongan kepada anak-anaknya untuk bersekolah. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa sebanyak 45% dari 30 responden yang menjawab sangat setuju tentang pendidikan formal, sebanyak 41% dari 30 responden menjawab setuju tentang pendidikan formal, sebanyak 11% dari 30 responden yang menjawab tidak setuju dan 3% dari 30 responden yang menjawab sangat tidak setuju. sehingga diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,3 dengan kategori baik. sehinga dapat disimpulkan bahwa masyarakat desa mandike telah memiliki persepsi yang baik terkait pentingnya pendidikan formal.Kata Kunci : Persepsi, Masyarakat Nelayan, Pendidikan Formal

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...