Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persepsi pengetahuan siswa kelas IIV Siswa SMP/MTs di Kabupaten Rawamerta tentang pembelajaran renang. Hasil dari ini pembelajaran diharapkan dapat dijadikan referensi guru sebelum melakukan renang pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey menggunakan tes pilihan ganda untuk pengumpulan data. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IIV SMP/MTs di Kabupaten Rawamerta yang berjumlah 1106 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 298 siswa yang diambil menggunakan metode rumus slovakia. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Berdasarkan pada hasil perhitungan diketahui bahwa tingkat persepsi pengetahuan kelas IIV SMP/MTs di Kabupaten Rawamerta terhadap pembelajaran renang, dengan kategori “Sangat Tinggi” 0,00%, kategori “Tinggi” 8,72%, kategori “Cukup” 27,85%,kategori “Rendah” 24,50% dan 38,93% untuk kategori “Sangat Rendah”.
Copyrights © 2022