Kebutuhan dalam menurunkan tingkat emisi di sektor transportasi merupakan target yang ditetapkan dalam kesepakatan pemimpin dunia dan dituangkan dalam Paris Agreement.  Jl. Ir. H. Juanda, Bandung, Indonesia menjadi jalan yang dipilih sebagai lokasi studi terkait banyaknya pusat-pusat kegiatan di sepanjang jalan dan di area tersebut. Jl. Ir. H. Juanda juga merupakan jalan yang menanjak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan perkiraan nilai emisi yang dihasilkan oleh kendaraan pada Jl. Ir. H. Juanda.  Metode yang digunakan adalah MARNI Model. Pada metode MARNI Model dilakukan analisis arus lalu lintas heterogen menggunakan variable volume, kecepatan, dan kepadatan kendaraan yang kemudian dilakukan pemodelan pola siklus mengemudi. Hasil dari analisis tersebut kemudian didapatkan prediksi emisi kendaraan bergerak untuk masing-masing waktu puncak. Didapatkan total kuantitas emisi CO pada waktu puncak pagi sebesar 1.07 kg, untuk waktu puncak siang sebesar 1.24 kg, dan waktu puncak sore sebesar 1.22 kg 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022