Mengacu kepada UU Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 tentang usaha sadar dan terencana seorang guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi, usaha yang bisa dilakukan adalah mengembangkan handout yang valid sebagai inovasi bahan ajar dalam upaya mengembangkan potensi peserta didik berupa keterampilan berpikir kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan handout yang valid dan praktis Jenis penelitian adalah research and development dengan model pengembangan Four-D. Validitas Handout diperoleh dari hasil validasi menggunakan lembar validasi ahli oleh 3 orang ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas isi handout mendapat nilai 86,4% dengan kriteria valid, validitas konstruksi mendapat nilai 90,1% dengan kriteria valid, dan validitas bahasa 91,6% dengan kriteria valid. Handout berhasil dikembangkan dengan kriteria validitas valid diharapkan dapat menjadi bahan ajar yang bermutu dan inovatif untuk membantu meningkatkan ketermpilan berpikir kreatif peserta didik.
Copyrights © 2020