JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Vol 7, No 2 (2022): VOLUME 7 NUMBER 2 SEPTEMBER 2022

Analisis Bentuk dan Fungsi Proyeksi yang Menyusun Cerita Rakyat Indonesia Terjemahan dengan Pendekatan Linguistik Sistemik Fungsional

Nurwardhani Nurwardhani (Universitas Hasanuddin)
Gusnawaty Gusnawaty (Unhas)
Tajuddin Maknun (UNHAS)
Muhammad Hasyim (UNHAS)
Asriani Abbas (UNHAS)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis klausa kompleks proyeksi dan terjemahannya dalam bahasa Inggris menggunakan pendekatan Systemic Functional Linguistics (SFL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk proyeksi yang menyusun cerita rakyat Indonesia dan terjemahannya dalam bahasa Inggris berikut fungsi proyeksinya. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data berupa klausa kompleks proyeksi dari 13 cerita rakyat Indonesia dwibahasa dari empat penerbit berbeda (Little Serambi, Pustaka Pelajar, BKPBM dan Bintang Indonesia) dan juga berasal dari informan penilai kualitas terjemahan. Teknik pengumpulan data berbentuk analisis dokumen. Proyeksi lokusi parataktik mendominasi cerita rakyat Indonesia dwibahasa diikuti oleh proyeksi lokusi hipotaktik, ide hipotaktik dan terakhir ide parataktik. Terdapat karakteristik khusus teks narasi cerita rakyat Indonesia beserta terjemahannya sehingga sehingga didominasi oleh proyeksi lokusi parataktik. Kemudian, seluruh fungsi proyeksi baik berupa proposisi (statement dan question) dan proposal (offer dan command) terdapat dalam penelitian ini. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP-BSI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JP-BSI), publishes research-based articles in the field of language, literature, and learning. It is published twice a year, namely in March and September. The scopes of the topics include, but not limited to: 1) Foreign language learning, Indonesian ...