Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Oktober)

META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) Problem Based Learning TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS dan HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Aisyah, Siti (Unknown)
Hanafi, Hanafi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2022

Abstract

Berdasarkan banyaknya penelitian yang sejenis tentang studi eksperimen terhadap model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang telah dilakukan. Maka perlu dilakukan pengorganisasian data, menggali informasi dari penelitian terdahulu yang diperoleh, dan mendekati kekomprehensipan data dengan maksud-maksud lainnya serta belum adanya studimeta-analisi pada beberapa studi eksperimen tersebut. Sehingga Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBL) problem based learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswadalam lingkup yang lebih luas. Jenis penelitian meta analisis artikel publikasi ilmiah dari jurnal atau skripsi yang memenuhi kriteria inklusi dengan pengolahan data menggunakan effek size rata-rata eksperimen (x̅ E) -rata-rata control (x̅ K) : standar deviasi kelas Kontrol (SD K). Secara keseluruhan model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dengan effect size 1.124 kategori sangat tinggi dan hasil belajar kognitif siswa 1.11 kategori sangat tinggi. Model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa pada jenjang sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...