Bahasa adalah alat komunikasi dan lambang yang dipakai oleh manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lain. Pertumbuhan dan perkembangan manusia memerlukan waktu yang lama dan panjang serta terdiri atas fase-fase yang memiliki ciri-ciri tersendiri. Penelitian ini mengkaji pemerolehan Bahasa Indonesia pada siswa yang kelas rendah SDN 1 Air Suning dalam pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas berupa bentuk kelas kata. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan teori Mc. Neill. Penelitian ini menemukan bahwa pemerolehan kelas kata pada anak kelas rendah terdiri dari kata benda sebanyak tiga kata, kata kerja delapan kata, kata sifat satu kata, kata ganti dua kata, kata bilangan enam kata, dan kata keterangan tujuh kata. Berdasarkan hasil tuturan kalimat siswa kelas rendah di SD Negeri 1 Air Suning siswa sudah mampu menuturkan secara sempurna. Hal terebut terlihat dari data primer yang disajikan sebelumnya. Secara gramatikal terdapat kesamaan sistematika struktur bahasa Indonesia dengan bahasa Sumbawa sehingga pemerolehan bahasa kedua sangat mudah dipahami oleh siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022