Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Agustus)

PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR

Hasmi, Hasmi (Unknown)
Nawir, Muhammad (Unknown)
basri, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan berpikir kritis dalam pemecahan masalah pada pelajaran IPS muris kelas V. Metode yang digunakan adalah deskriptif-eksperimen dengan teknik pengambilan sampel (sampling purposive). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistic deskriptif. Dan perhitungan statistic yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan Levene’s test. Setelah itu dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired sampel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mean kelas eksperimen yaitu 82,86 sedangkan mean kelas kontrol 68,14. Berdasarkan analisis data dengan uji Paired sampel test. yang dilakukan pada taraf kepercayaan 95% diperoleh hasil 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak. Untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol maka dilakukan uji N-Gain menggunakan rumus N-Gain. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hasil, untuk kelas eksperimen sebesar 0,58 yang menunjukan peningkatan pemahaman dengan kategori sedang. Kemudian untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,25 yang menunjukan peningkatan pemahaman dengan kategori rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki perbedaan keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan uji hipotesis dan uji N-Gain tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dalam pemecahan masalah pada pelajaran IPS pada murid kelas V SDN Bulurokeng 1 Kota Makassar.Tujuan penelitian adalah untuk pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan berpikir kritis dalam pemecahan masalah pada pelajaran IPS muris kelas V. Metode yang digunakan adalah deskriptif-eksperimen dengan teknik pengambilan sampel (sampling purposive). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistic deskriptif. Dan perhitungan statistic yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan Levene’s test. Setelah itu dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired sampel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mean kelas eksperimen yaitu 82,86 sedangkan mean kelas kontrol 68,14. Berdasarkan analisis data dengan uji Paired sampel test. yang dilakukan pada taraf kepercayaan 95% diperoleh hasil 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak. Untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol maka dilakukan uji N-Gain menggunakan rumus N-Gain. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hasil, untuk kelas eksperimen sebesar 0,58 yang menunjukan peningkatan pemahaman dengan kategori sedang. Kemudian untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,25 yang menunjukan peningkatan pemahaman dengan kategori rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki perbedaan keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan uji hipotesis dan uji N-Gain tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dalam pemecahan masalah pada pelajaran IPS pada murid kelas V SDN Bulurokeng 1 Kota Makassar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...