Penelitian ini bertujuan untuk melihat kurikulum rancangan proses pembelajaran hingga evaluasi tingkat keberhasilan pembelajaran lawas pada mata pelajaran Muatan Lokal bagi siswa di Sekolah Dasar pada kabupaten Sumbawa Barat. Dengan menggunakan metode campuran, yakni kualitatif dan kuantitatif. Penulis melibatkan 16 guru di 8 kecamatan pada masing-masing sekolah yang tersebar di Kabupaten Sumbawa Barat. Dalam fase kuantitatif, penulis memberikan kuesioner berupa pernyataan terkait seluruh proses pengajaran yang dilakukan oleh guru. Sedangkan dalam fase kualitatif, penulis mewawancarai para responden untuk mengkonfirmasi informasi yang diberikan pada kuesioner. Penelitian ini menemukan bahwa: 1) tingkat ketersediaan rancangan pembelajaran serta komponen di dalamnya sudah sangat baik. Namun, prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran perlu ditingkatkan; 2) proses pembelajaran mata pelajaran Muatan Lokal telah berada pada tingkatan amat baik; 3) evaluasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Muatan Lokal berada pada tingkatan amat baik. Penelitian ini menyarankan setidaknya perlu dilakukan beberapa hal di antaranya, 1) perlunya peningkatan sarana dan prasarana Muatan Lokal; 2) tenaga pengajar di sekolah dasar Kabupaten Sumbawa Barat perlu diberikan bimbingan berupa pelatihan metode mengajar, khususnya mata pelajaran Muatan Lokal; 3) guru harus membangun suasana menyenangkan di kelas untuk meningkatkan antusias siswa dalam belajar; 4) siswa yang tidak memahami Bahasa daerah harus diberikan perhatian lebih.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022