JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 5, No 2: Oktober 2022

Pembelajaran IPA Berbasis Bioentrepreneur Pada Etnosains Poteng Jaje Tujak: Perspektif Filsafat

Agus Muliadi (Universitas Pendidikan Mandalika)
Muhammad Sarjan (Unknown)
Joni Rokhmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengelaborasi tentang pembelajaran IPA berbasis bioentrepreneur pada etnosains masyarakat suku Sasak Lombok dalam perpektif ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Studi ini merupakan studi literatur (library reseach) dengan sumber data adalah artikel penelitian terdahulu yang memiliki topik terkait pembelajaran IPA, konsep IPA, pendidikan entrepreneur, etnosains, dan poteng jaje tujak. Prosedur dalam penelitian studi literatur dilaksanakan dengan tahapan-tahapan yaitu mengumpulkan data pustaka, membaca, mencatat, menelaah, mengumpulkan konsep atau naskah, kemudian dilakukan elaborasi dan eksplanasi terhadap data/teks yang terkumpul. Hasil studi menunjukkan bahwa (1) pendidikan wirausaha dapat memfasilitasi siswa secara terstruktur untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap, self efficacy, dan minat wirausaha; (2) pembelajaran IPA pada hakikatnya mengandung unsur proses (scientific processes), produk (scientific knowledge), sikap (scientific attitudes), dan teknologi/aplikasi; (3) pembelajaran IPA harus mengandung unsur yaitu active learning; discovery/inquiry activity approach; scientific literacy; constructivism; science, technology, and society; dinamis/tentatif; (4) poteng jaje tujak adalah jajanan tradisional suku Sasak yang mengandung informasi indogenous science dalam proses pembuatan dengan bahan ketan dan tape; (5) indigenous science dalam proses pembuatan poteng jaje tujak memiliki relevansi dalam kompetensi dasar IPA yaitu “menerapkan konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia” dan “membuat salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada di lingkungan sekitar”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...