Jambura Journal of Educational Management
VOLUME 3 NOMOR 2, SEPTEMBER 2022

Perencanaan Pemasaran Jasa Pendidikan

Ibrahim Ibrahim (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Anitah Anitah (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Sumatera Selatan)
Choirun Niswah (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Sumatera Selatan)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Artikel ini dilakukan untuk mengetahui: 1) Bagaimana perencanaan pemasaran jasa Pendidikan. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam perencanaan pemasaran jasa pendidikan. Metode penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian perencanaan pemasaran jasa Pendidikan yang di terapkan 1) mengembangkan produk jasa dengan mengenalkan kualitas produk berupa pelayanan yang berkualitas dan keunikan produk yang dimiliki berupa program pendidikan yang diminati masyarakat. 2) melakukan strategi penurunan biaya atau biaya rendah, strategi ini digunakan oleh SMA Ethika untuk bertahan di era pendidikan yang semakin kompetitif, strategi yang digunakan dengan menyesuaikan keadaan masyarakat di lingkungan sekolah, diharapkan dengan biaya yang rendah dapat membantu siswa yang kurang mampu untuk dapat mengembangkan pendidikan yang berkualitas, dengan biaya yang rendah sekolah juga tetap menjamin bahwa siswa mendapatkan fasilitas yang berkualitas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jjem

Publisher

Subject

Other

Description

Jambura Journal of Educational Management (JJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. JJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for ...