Jambura Journal of Educational Management
VOLUME 3 NOMOR 2, SEPTEMBER 2022

Pengelolaan Kelompok Kerja Guru Dalam Menigkatkan Kompetensi Profesional

Devi Rahayu Datuewela (universitas negeri gorontalo)
Besse Marhawati (Universitas Negeri Gorontalo)
Arifin Arifin (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan KKG dalam peningkatkan profesional guru, (2) pelaksanaan program KKG dalam meningkatkan profesional guru, (3) evaluasi KKG dalam peningkatkan profesional guru, (4) tindak lanjut program KKG dalam peningkatkan profesional guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif explanatory. Jumlah subyek penelitian 39 orang. Tehnik pengumpulan data melalui observasi/pengamatan, kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan terhadap data yang terkumpul adalah metode statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) perencanaan dalam pengelolaan kelompok kerja guru dalam peningkatan profesional guru di SDN Gugus Meyambanga termasuk kategori sangat baik, (2) pelaksanaan dalam pengelolaan kelompok kerja guru dalam peningkatan profesional guru di SDN Gugus Meyambanga termasuk dalam kategori sangat baik, (3) evaluasi dalam pengelolaan kelompok kerja guru dalam peningkatan professional guru di SDN Gugus Meyambanga dalam kategori cukup baik, (4) tindak lanjut dalam pengelolaan kelompok kerja guru dalam peningkatan profesional guru di SDN Gugus Meyambanga dalam kategori cukup baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jjem

Publisher

Subject

Other

Description

Jambura Journal of Educational Management (JJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. JJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for ...