JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 10 No 3 (2022): Vol.10. No.3 2022

ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA PELAKSANAAN TATAP MUKA TERBATAS (TMT) DI SMASE-KECAMATAN TAMAN SARI JAKARTA BARAT

Fellix Rimba (Unknown)
Lili Somantri (Unknown)
Iwan Satiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran geografi di masa pandemi dan efektivitas pembelajaran geografi di SMA se-kecamatan Taman Sari Jakarta Barat. Penelitian ini berlokasi SMA se-Kecamatan Taman Sari Jakarta Barat, yang terdiri 5 sekolah yaitu, SMA N 17 Jakarta Barat, SMA Sentosa Pagi, SMA N 2 Jakarta, SMA Santo Leo dan Sekolah Ricci. Teknik pengumpulan data dipakai dalam penelitian ini adalah Teknik observasi, studi dokumentasi dan teknik wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu menjelaskan analisis efektivitas pembelajaran geografi pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di kelas X IPS SMA se-kecamatan Taman Sari Jakarta Barat. Yang akan disajikan dalam bentuk persentase, tabel, grafik, gambar dan lain-lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran di SMA se-Kecamatan Taman Sari semasa pandemi covid-19 dilaksanakan secara tatap muka terbatas dan daring dengan menfaatkan aplikasi whatsapp group, google classroom dan zoom meeting. (2) efektivitas pembelajaran geografi dimasa tatap muka terbatas dilihat dari mutu pembelajaran tergolong pada kategori cukup efektif dengan skor 76.22%, tingkat pengajaran cukup efektif dengan skor 78.37%, insentif tergolong kategori cukup efektif dengan skor 68.90% dan waktu pembelajaran pada kategori cukup efektif dengan skor 90% Pembelajaran geografi pada tatap muka terbatas menunjukkan hasil yang cukup efektif yaitu sebesar 78.37%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...