JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 10 No 3 (2022): Vol.10. No.3 2022

AN AUTO-ETHNOGRAPHIC STUDY: EXPLORING MATHEMATICAL CONCEPTS ON PROBLEMS RELATED TO ENVIRONMENTAL CARE

Fatimah Anggraini Firmandani (Universitas Negeri Surabaya)
Neni Mariana (Universitas Negeri Surabaya)
Rooselyna Ekawati (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Akhir-akhir ini banyaknya bencana terjadi akibat dari kurangnya sikap peduli pada lingkungan misalnya saja banjir, dan tanah longsor. Ketidakpedulian ini yang menjadi awal dari timbulnya bencana besar yang berasal dari kebiasaan kurang baik dari orang yang tidak bertanggungjawab. Membuang sampah sembarangan, merusak lingkungan dengan tidak mempedulikan tanaman salah satu misalnya akan sangat berdampak buruk bagi kehidupan kita selanjutnya. Oleh karena itu, pada penelitian ini peneliti ingin mengintegrasikan masalah tersebut. Penelitian ini, menggunakan jenis penelitian transformative research yang menggunakan teknik analisis data dari penelitian kualitatif. Hasil penelitian transformative research adalah studi auto/ethnography. Dari hasil auto/ethnography ini, peneliti bertujuan untuk menggali konsep Matematika dari masalah tersebut dalam analisis pengembangan Kompetensi Dasar pada jenjang Sekolah Dasar sehingga ke depannya bisa diajarkan dan dibuat rancangan pembelajarannya serta dapat pula diajarkan di sekolah selain pada itu siswa juga bisa belajar untuk mempedulikan lingkungan sekitarnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...