Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara
Vol 9, No 2 (2022): Dinamika

EVALUASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PROFESI DOSEN (STUDI KASUS JABATAN FUNGSIONAL AKADEMIK DOSEN PTS)

Tatang Sudrajat (UNIVERSITAS SANGGA BUANA)
Nurhaeni Sikki (UNIVERSITAS SANGGA BUANA)
Hamidah Nurbaiti (UNIVERSITAS SANGGA BUANA)
Finna Kharisma Putri (UNIVERSITAS SANGGA BUANA)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Permasalahan pendidikan tinggi diantaranya mensyaratkan hadirnya peran dosen sebagai aktor kebijakan secara maksimal. Dosen di perguruan tinggi sebagai pemangku jabatan fungsional punya peran strategis dalam mewujudkan tujuan pendidikan tinggi. Regulasi negara/pemerintah mengenai jabatan akademik menjadi faktor penting untuk mendukung tugas dan wewenangnya sebagai aktor kebijakan pendidikan tinggi. Beberapa regulasi negara/pemerintah itu berbentuk dua undang-undang (UU Guru dan Dosen dan UU Pendidikan Tinggi), dua Peraturan Menpan RB, satu peraturan bersama Menpan RB dan Kepala BKN, satu Permendikbud, serta Pedoman Operasional Jabatan Akademik. Untuk efektifnya implementasi kebijakan jabatan akademik perlu didukung oleh substansi kebijakan yang tepat. Evaluasi kebijakan khususnya terhadap substansi regulasi negara/pemerintah menjadi penting. Secara umum pengaturan jabatan akademik dalam kebijakan tersebut sudah memadai, tetapi terdapat beberapa hal yang perlu disempurnakan. Kata Kunci: Dosen, Jabatan Akademik, Evaluasi Kebijakan, Profesi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Dinamika merupakan media publikasi Karya Tulis Ilmiah di bidang Ilmu Administrasi Negara yang berada di lingkungan Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Galuh dengan ISSN: 2356-2269 (Print) dan eISSN: 2614-2945 (Online) yang mempublikasikan hasil penelitian mahasiswa dan ...