Media Ekonomi
Media Ekonomi : Vol 22 No 1 Januari 2022

Analisis Persepsi Minat Mahasiswa Berpartisipasi Dalam Program MBKM Dalam Meningkatkan Softskill Lulusan

Muhammad Fuad (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Suyoto Suyoto (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Ugung Dwi Ario (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Ika Yustina Rahmawati (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Alfato Yusnar Kharismasyah (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat mahasiswa terhadap program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), persepsi mahasiswa terhadap peningkatan Soft Skill mengikuti MBKM, dan pengaruh minat mahasiswa mengikuti program MBKM terhadap peningkatan soft skill lulusan. Sampel penelitian 74 mahasiswa dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Instrumen pengambilan sampel menggunakan kuisioner dengan skala likert lima tingkat, yang diedarkan kepada responden menggunakan Google Form. Data dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan statistic induktif dengan analisis regresi. Hasil analisis statistic deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata persepsi responden terhadap peningkatan softskill mahasiswa mengikuti MBKM sangat tinggi yaitu 4,48 dari skala likert lima tingkat. Rata-rata minat mahasiswa mengikuti MBKM juga sangat tinggi yaitu 4,37 dari skala liker lima tingkat. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa minat mahasiswa mengikuti MBKM berpengaruh signifikan terhadap peningkatan Soft Skill mahasiswa, dengan nilai R-squared cukup besar (0.62). Ini berarti bahwa variasi peningkatansoftskill lulusan dapat dijelaskan oleh minat mahasiswa mengikuti program MBKM.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MEDEK

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Media Ekonomi Journal invites academics and researchers who do original research in the fields of economics and management including but not limited to: 1. Marketing Management 2. Financial Management 3. Human Resource Management 4. Entrepreneurship 5. Monetary Economics 6. Islamic Econimicsm, ...