Media Ekonomi
Media Ekonomi : Vol 21 No 2 Juli 2021

Perubahan Pola Konsumsi Masyarakat Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19

Lieke Putri (Politeknik Negeri Jakarta)
Narulita Syarweni (Politeknik Negeri Jakarta)
Risya Zahrotul Firdaus (Politeknik Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2022

Abstract

COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus corona dan menyebabkan gejala utama gangguan pernapasan. Penyakit ini menjadi sorotan karena pertama kali muncul pada akhir tahun 2019 di Wuhan, China. Lokasi kemunculannya yang pertama, membuat virus corona juga dikenal sebagai virus Wuhan. Selain China, virus corona juga telah menyebar dengan cepat ke berbagai negara lain, antara lain Jepang, Thailand, Korea Selatan, bahkan Amerika Serikat dan Indonesia. Hal ini mendorong pemerintah Indonesia untuk memperluas kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat skala mikro (PPKM) di seluruh provinsi mulai 1 Juni sampai 14 Juni serta menerapkan kebijakan social distancing dan perubahan gaya hidup sehari-hari, termasuk pola konsumtif dan perubahan gaya hidup masyarakat.  Pada saat itu. kenormalan baru khususnya di Indonesia. Mengubah pola perilaku jarak sosial dan pembatasan perjalanan telah mengubah rutinitas sehari-hari dan cara konsumen bekerja, berbelanja, dan bermain. Oleh karena itu, banyak konsumen yang beralih ke platform online untuk membeli berbagai kebutuhan. Pergeseran ke penjualan online ini diperkirakan akan terus berlanjut setelah pandemi mereda, serta melakukan berbagai aktivitas di rumah. Penulisan jurnal ini menggunakan metode penelitian studi literatur dengan sumber resmi/valid baik berupa buku/informasi untuk kemudian dianalisa secara mendalam oleh penulis dan diolah menjadi bahan penelitian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MEDEK

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Media Ekonomi Journal invites academics and researchers who do original research in the fields of economics and management including but not limited to: 1. Marketing Management 2. Financial Management 3. Human Resource Management 4. Entrepreneurship 5. Monetary Economics 6. Islamic Econimicsm, ...