Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 4 (Oktober 2022)

Analisis Peningkatan Moral Melalui Permainan Simbolik Pada Anak Usia Dini

Khadijah Khadijah (UINSU Medang)
Irma Qurata Aini (Unknown)
Dini Rosmana Tanjung (Unknown)
Zulham Efendi Marpaung (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Pendidikan moral yang dilakukan pada anak usia dini mendukung suatu kreativitasan dimana adnak dapat bermain sambal belajar pada satu waktu yang sama. Melalui permainan simbolik ternyata dapat pula dijadikan upaya dalam meningkatkan sebuah pendidikan moral bagi anak di usia dini dan taman kanak-kanak. Tulisan ini bertujuan dalam memberikan penjelasan terkait manfaat yang didapat dalam pemanfaatan permainan simbolik pada anak usia dini. Metode yang digunakan yaitu menggunakan studi literature dimana mengambil preferensi dari penelitian-penelitan sejenis sebelumnya. Teknik analisis yang dipakai adalah deskriptif. Hasil yang didapat yaitu bahwa sebuah permainan simbolik dapat memberikan manfaat yaitu sebagai batu loncatan anak, media pengasah kemampuan kognitif, sebagai media untuk meningkatkan rasa empati pada anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...