Manajemen sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar minimum Permendikbud merupakan salah satu faktor utama untuk menunjang keberhasilan tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah guna mendeskripsikan bagaimana manajemen sarana dan prasarana terlebih media pembelajaran berbasis video animasi TK Pertiwi 4 tanjungkalang Nganjuk. Beberapa proses di dalamnya yaitu perencanaan sarana dan prasarana, pengadaan sarana dan prasarana, iventarisasi sarana dan prasarana, penyimpanan sarana dan prasarana, pemeliharaan sarana dan prasaranan. Kata Kunci : Manajemen, Sarana dan prasarana, video animasi, PAUD References Hidayat, Ara, dkk, 2012, pengelolaan pendidikan: konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelolah sekolah dan madrasah, Yogyakarta, Penerbit Pustaka Syamsudin, 2017, penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan, Jurnal Idaarah, Universitas Negri Alaudin Makassar Sukatin, 2020, manajemen sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pendidikan, Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Tamaya, Erli, 2017, analisis implementasi standar sarana dan prasarana PAUD dikaji berdasarkan Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang standar Nasional PAUD, universitas Negeri Semaran
Copyrights © 2021