Jurnal Basicedu
Vol 6, No 4 (2022): August Pages 5501-7663

Pengembangan Media Video Animasi Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Materi Bentuk dan Fungsi Bagian Tumbuhan

Niantika Intan Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Kasriman Kasriman (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2022

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih, menuntut guru untuk berinovasi dalam media pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk menentukan kelayakan media video animasi melalui reaksi siswa kelas IV pada pelajaran IPA materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Cipinang Melayu 10 Pagi tahun ajaran 2021/2022 pada semester genap. Penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE dengan teknik pengumpulan data berupa angket dengan menggunakan skala likert. Uji validasi dilakukan oleh tiga validator antara lain: ahli media, ahli materi dan pakar pendidikan. Hasil penilaian para validator tersebut memperoleh rata-rata 95,55% dengan kategori “Sangat Baik” atau media video animasi interaktif layak untuk digunakan. Serta siswa merupakan responden pada media melalui uji coba skala kecil 10 peserta didik da uji coba skala besar 20 peserta didik. Hasil dari uji coba skala kecil dan uji coba skala besar memperoleh rata-rata 85,55% yang berkategori “Sangat Baik” atau layak digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...