Jurnal Basicedu
Vol 6, No 4 (2022): August Pages 5501-7663

Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi Free Fire terhadap Kemampuan Sosial Anak

Tsalis Hana Hanifa (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Muhamad Taufik Hidayat (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
23 May 2022

Abstract

Memainkan game ini dapat menyebabkan kecanduan yang sulit untuk dilepas sehingga dapat menimbulkan dampak penurunan kemampuan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara intensitas penggunaan aplikasi free fire terhadap kemampuan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 sampai kelas 6 yang bermain free fire dengan intensitas minimal 1 jam sehari di sekolah yang berada di Desa Wonokerso dengan sample penelitian terdiri dari 100 siswa, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu google form. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang rendah, signifikan dan juga berarah positf. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji korelasi spearman rank yang dilakukan, dimana nilai koefisien korelasi menghasilkan nilai sebesar 0,313 yang berarti kedua variabel memiliki hubungan yang rendah. Nilai signifikansi menunjukkan hasil 0,002 < 0,5 artinya hubungan antara dua variabel sifnifikan dan arah hubungan menunjukkan positif artinya intensitas penggunaan aplikasi free fire berpengaruh terhadap kemampuan sosial anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...