Jurnal Basicedu
Vol 6, No 3 (2022): June Pages 3200-5500

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak

Ayu Intan Permana (Universitas Negeri Padang)
Delfi Eliza (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
07 May 2022

Abstract

Kinerja guru merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini. Kinerja guru dapat ditingkatkan dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru TK Al Huffazh Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan mengikuti tahap kondensasi data, tampilan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru di TK Al Huffazh Payakumbuh secara umum adalah: 1) kedisiplinan, 2) komitmen organisasi dan integritas, 3) motivasi kerja, 4) budaya kerja, 5) Educational leadership, 6) gaya kepemimpjnan kepala sekolah, 7) supervisi kepala sekolah dan pengawas sekolah, 8) kualitas mengajar, 9) iklim organisasi sekolah dan 10) insentif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...