Jurnal Basicedu
Vol 6, No 4 (2022): August Pages 5501-7663

Pengembangan Media "Fun Thinkers Book" untuk Meningkatkan Antusiasme Belajar dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar

Desi Luthfiana Rahmah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Muhamad Taufik Hidayat (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
22 May 2022

Abstract

Penggunaan media pembelajaran masih belum dilaksanakan secara maksimal oleh guru. Kurangnya penggunaan media pembelajaran mengakibatkan rendahnya antusiasme belajar siswa. Hal tersebut berpengaruh terhadap kurang maksimalnya hasil belajar siswa. Sehingga, tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menghasilkan produk media “Fun Thinkers Book” sebagai upaya meningkatkan antusiasme belajar dan hasil belajar materi bangun datar siswa kelas III SD. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Tetapi, dalam penelitian ini hanya sampai tahap uji validasi. Uji validasi dilakukan dengan uji validasi media dan uji validasi materi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket. Instrumen dalam penelitian pengembangan ini adalah lembar angket validasi ahli media dan ahli materi. Hasil uji validasi media mendapatkan skor 68 dari 72 dengan keterangan “Sangat Valid”. Hasil uji validasi materi mendapatkan skor 45 dari 48 dengan keterangan “Sangat Valid”. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media “Fun Thinkers Book” valid dan layak digunakan dalam pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan antusiasme belajar dan hasil belajar materi bangun datar siswa kelas III SD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...