Jurnal Basicedu
Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227

PENGGUNAAN STRATEGI GROUP RESUME UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Yalhendra Sunata (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Ramalis Hakim (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Farida Fahrudin (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Farida Mayar (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah  siswa kelas IV SDN 14 Ganting Dodok sebanyak 18 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan tiap siklus terdiri dari atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dengan Strategi Group Resume 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...